Pertualangan dan Hiburan

Pergi ke Kebun Buah Mangunan (lagi)

yang tinggal di Jogja atau yang sedang liburan di Jogja, tak ada salahnya untuk mengunjungi kebun buah mangunan ini. kebun buah ini semacam mekar sarinya Jogja kali ya πŸ™‚ jadi kebun Buah mangunan ini ada di Imogiri, Bantul. di lereng kebun- sebelum masuk ke kawasan kebun- ada juga objek wisata makam sultan mataram (makam raja-raja Mataram).Β  dulu aku pernah ke kebun buah mangunan dalam rangka makrab (malam keakraban) bareng teman-teman semua angkatan PWK UGM, tapi aku belum foto di salah satu spot kebun mangunan ini yang menurutku kalo belum foto di situ belom ke kebun mangunan. jadilah aku kemaren kesana lagi, kali ini bareng temen2 dari geodesi. ada Mukti (anggota kurcaci 8C), azmi, dan septi. kita berempat berangkat dari kampus jam 11 an, nyampe disana sekitar jam 12 an lah (kurang lebih 1 jam perjalanan dari kampus-Teknik UGM). kita berangkat mengendarai sepeda motor, kalo mau pake kendaraan umum kurang tau juga, tapi sepanjang perjalanan aku tak melihat tanda-tanda kendaraan umum lewat.

karena di perbukitan, jalan yang di tempuh tentu menanjak dan berkelok-kelok (standar jalanan di daerah pegununganlah) Continue reading “Pergi ke Kebun Buah Mangunan (lagi)”

gaya hidup

Musim Ujian di Kampus Mulai Datang

dapat A+ ?sebagai mahasiswa yang belajar di universitas negri, kita semua bentar lagi mau ngadepin, oh bukan, tapi menyongsong ujian akhir semester. bukankah begitu ? ini sangat mendebarkan bagi mahasiswa baru, karena mahasiswa baru akan menghadapi ujian akhir semester pertamanya untuk pertama kali di bangku kuliah. seperti saya dulu, saya juga menunggu ujian akhir semester ini dengan perasaan campur aduk. secaraa… untuk pertama kali bakalan ujian dan setelah itu bakalan nerima raport yang beda saat masih SD, SMP, dan SMA. itu loh deg deg an nyiapin ujian untuk dapat nilai yang bagus, tapi bukan bentuk angka, tapi bentuknya huruf. bakalan dapat apa ya? A? B? C? D? atau E? oh nooo, gak ada nilai 100, 90, 80 atau 70 lagi. gak ada tulisan ranking kelas lagi, gak ada jum;ah nilai lagi, dan yang pasti gak ada raport yang harus ditanda tangani sama ortu lagi πŸ˜€ . semuanya akan berbeda dari masa-masa sekolah yang dulu-dulu. yang pasti untuk maju dalam ujian akhir semester ini harus belajar dengan semestinya dan dapat nilai yang semestinya juga (bergantung proses belajar selama satu semester terakhir)

bagi seluruh mahasiswa yang akan menjalankan ujian akhir semester ini bulan depan (7 Januri 2013), silahkan dipersiapkan dengan baik mulai dari sekarang (ini juga peringatan buat aku sendiri πŸ˜€ ). silahkan mempersiapkan fisik, materi, dan mental. jangan sampai saat mau ujian jatuh sakit,dan gara gara sakit gak bisa ikut ujian akhir. apalagi ini udah masuk musim hujan dan musim penyakit mulai datang, jadi jagalah kesehatan yang paling utama, lalu kaloudahΒ  sehat baru bisa nyiapin yang lain. Continue reading “Musim Ujian di Kampus Mulai Datang”

gaya hidup

Sampah, Sumberdaya atau Limbah?

trashJudul artikel ini sebenarnya adalah judul suatu seminar yang tidak sengaja saya ikuti di KPFT kamis, 6 Desember 2012 yang lalu. Dalam seminar itu di bahas bagaimana permasalahan sampah sangat krusial saat iini. Oh ya dalam seminar ini pembicaranya ada yang dari Swedia, namanya Mr. Kamran (aktivis sampah dan dosen *sepertinya* di University of Boras) dan satu lagi adalah dosen UGM sendiri (dosen teknik kimia, nah yang ini saya benar2 lupa mencatat nama beliau). Ok saya akan menulis apa yang saya dapat di seminar itu. Sebenanya sampah itu limbah atau sumber daya ya?

Prolog

Manusia yang notabennya makhluk paling berakal dan pintar di muka bumi ini, lambat laun menjadi aktor perusak bumi ini sendiri. Padahal dalam Al Qur’an juga telah dipesankan oleh Allah SWT bagi manusia untuk menjadi pemimpin di bumi ini dan menjaganya. Namun, perkembangan yang terjadi manusia lah perusak bumi sesungguhnya (saya bagian dari himpunan manusia itu sendiri sebenernya). Peran sebagai pemimpin sepertinya sudah dilakukan, hanya saja belum terlalu baik (manusia juga tidak sempurna).

Bagaimana bisa saya mengatakan bahwa manusia adalah aktor perusak bumi ini? Continue reading “Sampah, Sumberdaya atau Limbah?”

Buku Harian

Madani and I

karya anaka suh MadaniGak tau, tiba-tiba pengen nulis tentang pengalaman ku di Madani. Abisnya banyak kenangan juga sih. Seru, menyenangkan, haru, dan pastinya W.O.W bukan P.H.P hohohoho

Bentar aku coba jelasin dulu apa itu Madani. Nahh Madani itu satu badan semi otonom dalam keluarga muslim teknik . Madani itu singkatan dari Masyarakat peduli anak negri. Madani ini konsen ngangkat isu tentang anak-anak dan pendidikan, selain itu juga bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Udah kebayang gimana madani itu? harusnya udah mudeng lah πŸ˜€

Dari awal aku masuk teknik UGM, aku udah milih Madani sebagai wadah untuk berorganisasi, mencari teman, dan mencari pengalaman pastinya.Β  Soalnya ngeliat departemen-departemen lain yang ditawarin dalam KMT (keluarga muslim teknik)kayaknya yang paling seru ya madani ini. jadilah saya milih madani dan berkecimpung, nyebur dan berenang didalamnya. Seru, memang seru kerja didalamnya. Kegiatannya macem-macem, Continue reading “Madani and I”

Uncategorized

Papan tulis putih dan papan tulis hitam

Apakah sekolah yang pake’ papan tulis yang warnanya hitam lebih tertinggal daripada sekolah yang pake papan tulis putih? saya rasa tidak. sebuah papan tulis, tidak bisa dijadikan alasan pelabelan sebuah sekolah yang keren dan sekolah yang gak mutu. semua sekolah itu sama kok pada dasarnya, sekolah adalah ruang yang di dalamnya ada aktivitas belajar-mengajar. mau di sekolah itu pake papan tulis hitam ataupun papan tulis putih, semuanya sama-sama media bagi bapak-ibu guru menyampaikan ilmunya. apakah media papan tulis ini begitu berpengaruh pada tingkat kecerdasan murid suatu sekolah? jawabannya tentu tidak.

dulu aku ngerasa sekolah yang pke papan tulis putih itu keren, karena selama aku sekolah SD sampai SMP di sekolahku yang ada dan biasanya digunakan papan tulis hitam dengan pasangannya kapur putih. baru di SMA, aku belajar dengan guru2ku menggunakan media papan tulis putih, tapi sebenernya gak sepenuhnya putih. karena sebelahnya papan tulis hitam dan sebelah lainnya dengan papan tulis putih. saat itu aku ngerasa kalo aku sekolah di tempat yang keren, ” wow sekolah ku ada papan tulis putihnya loh, gak pake kapus tulis, tapi pake spidol hitam untuk nulis diatas papannya”. Continue reading “Papan tulis putih dan papan tulis hitam”

Buku Harian

Kurcaci 8C

SKETCHkami ini disebut kelompok kurcaci sama mbak-mbak kos 8C. yang aku sebut kami itu ada aku (teknik perencanaan wilayah dan kota ’09), andri setianingsih (teknik informatika ’09), dian rimbayu (kartografi dan pengindraan jauh ’09), mukti fatimah (teknik geodesi ’09) dan terakhir adalah diah kartika nasution (teknik geodesi ’09). menarik karena kami berasal dari daerah yang berbeda hohoho kecuali andri ama dian (mereka sama2 orang banjarnegara), mukti anak boyolali, diah anak jember, dan aku anak pendopo (mereka menyebutnya lahat) .

kenapa kurcaci? aneh juga sebenernya. tapi seinget ku sih ya, kenapa kurcaci? karena kita ber5 kemana-mana bareng kalo di kos, mau cari makan, jalan-jalan, maen, semuanya bareng. sampaii-sampai kita punya kostum donk, udah semacam power rangers jadinya.Β  trus posisinya waktu itu kita adalah adik terkecil (dulu banget, waktu tahun 2009. sekarang mah gak πŸ˜€ ). nah karena itu lah kita ber 5 di sebut kurcaci. tapi ternyata julukan itu gak berhenti satu tahun aja, tapi tetap melekat sampai sekarangΒ  :D. kurcaci lah yang membuat 8c gaduh, ribut dan ramee. abisnya berantem mulu’ hahhaha. oh tapi jangan salah sangka dulu meskipun suka berantem, kita gak berantem dengan amarah, tapi berantem dengan cinta. wekkk. tapi bener. hahahahaha Continue reading “Kurcaci 8C”

Perencanaan Wilayah dan kota

Pengadilan Tata Ruang?

Pengadilan Tata Ruang? woww…. secara aku baru tau tentang adanya pengadilan tata ruang yang ada di luar negeri (kalo gak salah inget: Amerika). pagi ini saat kuliah manajemen pembangunan, dosennya cerita tentang manajemen hukum dan regulasi tata ruang. ditengah-tengah kuliah sang dosen cerita kalo di amerika itu ada juga pengadilan tata ruang. tugasnya meneggakkan hukum ketata ruangan gitu deh.
terus saya berfikir, ” wah keren juga tuh, ada pengadilan tata ruang. mendukung banget buat ngelindungi perencanaan yang udah dibuat susah dan ‘mahal’. kalo di indonesia ada, wooowww, keren banget. ”
kalo boleh saya optimis, kedepan indonesia juga punya pengadilan tata ruang, biar rencana yang udah dibuat terealisasi dengan ‘benar’. tentu terlepas dari kondisi negara saat ini yang masih mencari jati diri, indonesia dalam bidang hukum dan peraturan harus punya jati diri lah :). saya meyakini indonesia mampu dan bisa untuk mewujudkannya. kan indonesia punya sarjana-sarjana hukum yang jumlahnya lumayan banyak dan pinter-pinter lagi? πŸ™‚
kalo beneran ada, setidaknya pengaturan ruang untuk mewujudkan perilaku manusia yang baik pun dapat terlaksana. karena tujuan dari tata mengatur dan menciptakan ruang yang sasarannya lebih ditekankan pada mengatur perilaku/aktivitas manusia.

-kuliah manajemen pembangunan, oktober 2012-