Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Finding Curup Maung 1: Rute Perjalanan

image

Ini secuil surga dunia yg di kasih Allah ke kita. Masha Allah..

Perjalanan menemukan curup maung ini kami lakukan sebulan yang lalu (hiks males nian ye nulis tuh. Abaikan). Berbekal ‘kata orang’ dan beberapa web berita yg ‘sedikit’ mengulas curup ini, yang katanya Masha Allah indahnya dan pernah jadi tranding topic dunia, kami mulai petualangan kami. Ya kami berangkat ber 3 aja. Trio traveler gitu. 3 kakak beradik.
Aku (sulung), Danang (no.2. Yg merangkap jadi driver sekaligus tim resque :D), dan Dila (bungsu). Kami bertiga berangkat dari rumah jam 7.30 (wib) an lah. Perlu diketahui rumah kita di pendopo lintang, kec. Pendopo, kab. Empat lawang. Kita berangkat pakek kendaraan pribadi.

Curup maung ini secara teritorial garis administrasinya masuk di kabupaten Lahat, namun secara de facto letaknya justru deket banget sama kota Pagar alam. Kata temen “deketan dari pagar alam daripado dari Lahat kota”. “Wah pas banget lah kalo gitu” batinku. Secaraa, pagar alam lebih deket kalo dari pendopo dibanding Pendopo-Lahat. Balik lagi soal curup maung, curup ini persis lokasinya di desa apa aku kurang paham (itu kawasan transmigrasi dan aku lupa ngecek koordinatnyašŸ˜¦ mungkin saking senengnya kali ya ) tapi ia masuk di kecamatan gumay ulu, kab.Lahat.

Oke. Perjalanan kita ceritain mulai dari kota pagar alam aja ya biar lebih deket dan landmark nya jelasšŸ™‚ nah dari kota pagar alam kita ambil jalur pagaralam – lahat. Ntar sekitar 5km an dari kota kita bisa liat ada pom bensin di kiri jalan. Nah maju dikit lagi ada signage nunjuk gumay ke kiri, nah belok aja tuh ke kiri (ada juga plang SMA 2 pagaralam, SMP 4 pagaralam, biar tambah yakin). Nahh dari situ terusss aja ngikutin ja)lan sekitar 15km. Sepanjang perjalanan kita disuguhin panorama yang indah, sejauh mata memandang… segeeeerr. Subhanallah sekaliii.. sang pencipta memang sungguh sempurna menciptakan segalanyaā¤. nah di perjalanan sesekali kita ngelewatin talang (red.kumpulan hunian sementara daerah perkebunan) para transmigran. kalo gak salah inget ntar ke 2 dari pertigaan jalan utama pagaralam-lahat tadi jangan lengah karena kalian sudah akan sampai dan lupa nengok kanan ini rute pagaralam lahat sebaliknya berarti liat ada plang macam belom ganti. semoga udah diganti dengan yg lebih humanis nampak terlihat oleh mata saat berkendara

image

Tolong fokus dgn plang dari kayu itu ya. Bukan bukan yg bertuliskan bidan itu, tapi yang diatasnya. Itu adalah plang penanda bahwa anda sudah dekat dgn tujuan utama yaitu curup maung. Ya tulisannya itu “curup maung –> “. Karena kemaren kita kelewat jauuh banget dari sana hiks hiksšŸ˜„ hampir 10 km an kelewatnya. Oke kita sudahi saja cerita tentang kesasar tadi, mari lanjut ceritanya.
Nah dari plang situu, kita jalan terus ngelewatin jalan yang gak lagi beraspal, jalan truss sekitar yahh 3 km an.

image

Ntar ketemu lagi ama ‘talang’ disitu ada pertigaan. Ambil kanan. Teruuuss aja ikutin jalan bebatuan itu. Ini track nya masih pakek kendaraan. Terus ikutin jalan, gak jauh, bakal nemu deh tempat penitipan kendaraan. Ongkos parkirnya, kalo mobil Rp. 20.000, kalo motor duh lupa nanyašŸ™‚. Dari parkiran sini kita mulai tracking buat sampai ke curup maungnnya. Jalan kaki.

image

To be continued finding curup maung 2

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: