Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Pergi ke Kebun Buah Mangunan (lagi)

yang tinggal di Jogja atau yang sedang liburan di Jogja, tak ada salahnya untuk mengunjungi kebun buah mangunan ini. kebun buah ini semacam mekar sarinya Jogja kali ya🙂 jadi kebun Buah mangunan ini ada di Imogiri, Bantul. di lereng kebun- sebelum masuk ke kawasan kebun- ada juga objek wisata makam sultan mataram (makam raja-raja Mataram).  dulu aku pernah ke kebun buah mangunan dalam rangka makrab (malam keakraban) bareng teman-teman semua angkatan PWK UGM, tapi aku belum foto di salah satu spot kebun mangunan ini yang menurutku kalo belum foto di situ belom ke kebun mangunan. jadilah aku kemaren kesana lagi, kali ini bareng temen2 dari geodesi. ada Mukti (anggota kurcaci 8C), azmi, dan septi. kita berempat berangkat dari kampus jam 11 an, nyampe disana sekitar jam 12 an lah (kurang lebih 1 jam perjalanan dari kampus-Teknik UGM). kita berangkat mengendarai sepeda motor, kalo mau pake kendaraan umum kurang tau juga, tapi sepanjang perjalanan aku tak melihat tanda-tanda kendaraan umum lewat.

karena di perbukitan, jalan yang di tempuh tentu menanjak dan berkelok-kelok (standar jalanan di daerah pegununganlah). singkat cerita, sampailah kita di kebun buahnya. tiket masuk per orangnya Rp. 5.000,- . langsung kita cap cus pake motor menuju spot foto yang ku maksud diawal (awalnya kita mau jalan kaki, ternyata boleh pake motor kesana). letaknya di atas bukit di kawasan buah mangunan tersebut. dan catatannya adalah, jalan keatas bukit itu sempit dan rusak, jika tak berpengalaman off road pake motor maka disini bisa jadi ajang latihan ringan😀 . sampai di puncak, langsung menuju spot foto utama. aku nyebutnya spot sungai amazon hahahaa. sebenernya itu adalah sungai oyo, bukan amazon😀.

604053_560499997293876_1256614854_n

setelah puas take foto, kita turun lagi trus rencananya mau beli rambutan -waktu itu cuma ada buah rambutan yang lg panen-. harga per kilo nya Rp. 3000 bisa petik sendiri atau di petikin. biar dramatis, kita memutuskan untuk petik sendiri. sebenernya ini salah satu trik alibi. beli 1 atau 2 kilo, tapi makan ditempatnya 4 kilo hahahaha. sambil metik, sambil makan rambutannya ditempat, sambil masukin ke kantong palstik yang hendak di bawa pulang. di bagian ini seru lah. sebenernya kita juga pengen beli duren disana, tapi kata petugasnya durennya belum ada yang mateng, jadi kami cuma liat duren yang belum mateng tergelantung menggoda di dahannya. frustasi melihat duren yang menggoda, kami langsung pulang lagi ke kos masing2 hahaha.

563191_560500230627186_1431831018_n

oh ya di kebun buah mangunan ini setau saya cuma ada pohon rambutan, duren, jambu monyet, belimbing, dan mangga. ada juga salak di pojokan, trus sayuran organik gitu. gak selengkap di mekar sari sih hehehe, tapi lumayan lah kalo cuma mau seru-seruan. dan perlu diinget, pohon2 buahnya tidak berbuah sepanjang tahun, berbuahnya ngikutin musim buah. jadi kalo lagi gak musim buah, ya gak ada buahnya🙂