Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Papan tulis putih dan papan tulis hitam

Apakah sekolah yang pake’ papan tulis yang warnanya hitam lebih tertinggal daripada sekolah yang pake papan tulis putih? saya rasa tidak. sebuah papan tulis, tidak bisa dijadikan alasan pelabelan sebuah sekolah yang keren dan sekolah yang gak mutu. semua sekolah itu sama kok pada dasarnya, sekolah adalah ruang yang di dalamnya ada aktivitas belajar-mengajar. mau di sekolah itu pake papan tulis hitam ataupun papan tulis putih, semuanya sama-sama media bagi bapak-ibu guru menyampaikan ilmunya. apakah media papan tulis ini begitu berpengaruh pada tingkat kecerdasan murid suatu sekolah? jawabannya tentu tidak.

dulu aku ngerasa sekolah yang pke papan tulis putih itu keren, karena selama aku sekolah SD sampai SMP di sekolahku yang ada dan biasanya digunakan papan tulis hitam dengan pasangannya kapur putih. baru di SMA, aku belajar dengan guru2ku menggunakan media papan tulis putih, tapi sebenernya gak sepenuhnya putih. karena sebelahnya papan tulis hitam dan sebelah lainnya dengan papan tulis putih. saat itu aku ngerasa kalo aku sekolah di tempat yang keren, ” wow sekolah ku ada papan tulis putihnya loh, gak pake kapus tulis, tapi pake spidol hitam untuk nulis diatas papannya”.

sekarang saat aku memikirkannya kembali, apa pentingnya sekolah ku yang punya papan tulis putih? sekolah ku yang dulu, yang berpapan tulis hitam juga gak kalah keren sebenernya. toh dengan papan tulis yang mana saja aku tetap dapat pelajaran baru, pengetahuan baru, dan dapat inspirasi baru. tidak ada bedanya papan tulis putih ataupun papan tulis hitam, semuanya sama. hanya saja yang satu papan terkesan kotor dan papan yang satunya terkesan bersih. tapi pada dasarnya sama saja bukan?

yah papan tulis, tetap papan tulis. papan tulis itu media, yang paling berpengaruh dan penting itu sebenernya penggunan media itu. nah yang paling berpengaruh ke kita itu ya bapak dan ibu guru kita, yang selama ini dengan metode pembelajaran di Indonesia mengghunakan papan tulis sebagai media penyampai pelajaran di sekolah. bapak dan ibu guru kita lah yang berpengaruh, bukan papan tulis. dan profesi guru itu disemua tempat sama, mengajarkan kepada murid2nya, hal-hal apa saja yang selama ini tidak diketahui muridnya kemudai beliau-beliau menyampaikannya kepada kita (murid-muridnya). ketulusan dan keikhlasan dimiliki oleh semua guru. jadi, sekolah dimana saja sama, mereka punya guru-guru yang hebat, keren dan tangguh, terlepas dari sekolah itu punya papan tulis putih atau papan tulis hitam.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: