Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Posisi Ekonomi Wilayah yang Konsen Pertanian

taniJika saat melakukan analisis ekonomi wilayah menggunakan metode tipologi Klasen, wilayah yang produksinnya pada sektor pertanian akan mengalami status wilayah tertinggal. Kadang-kadang maju, namun tertekan. makanya sekarang semua daerah berlomba-lomba dalam pengembangan sektor industri. sebenarnya  sektor industri adalah sektor yang paling cepat dalam meningkatkan statistik pertumbuhan ekonomi suatu daerah, lalu apakah kita harus menyia2kan sektor pertanian kita? yang konon katanya tanah kita *Indonesia * disebut tanah surga, apa apa yang di buang diatas tanah kita bisa tumbuh jadi tanaman. secara fisik Indonesia sangat bisa menjadi negarpemasok pangan yang besar seperti halnya di Brazil. jadi sebenarnya ada yang salah dengan pengembangan pertanian, pengembangan desa? mengapa harus meperluas industri secara mati-matian?

agak miris aja sebenernya dengan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pihak-pihak yang katanya pemimpin dan pro dengan rakyat. apakah takut dibilang wilayah tertinggal? terbelakang? tak berdaya? miskin,? jika tetap mempertahankan sektor pertanian sebagai tumpuan hidup wilayah atau negara ini? saya rasa tak usah berpikiran picik semacam itu. gak usah takut dibilang miskin atau tradisional. pliss mari berpikir sebentar, negara kita ini adalah negara yang luas dan kaya akan kekayaan didalamnya. sumber daya alam sangat kaya, tanah sangat subur,  luas pula. kalau fokus pengembangannya adalah fokus pertanian apakah tidak salah? saya rasa sangat tidak salah.

kata pak Didik (Dosen rancang kota kita) kota ataupun wilayah yang dikembangkan dengan basis pertanian adalah wilayah/kota yang kaya. kaya disini tentu dalam arti yang sebenarnya. kaya – berpendapatan tinggi. kaya – kaya sumber daya alam dan turunannya *seharusnya. semua ini dapat terwujud jika dilakukan perencangan yang matang, mulai dari kebijakan, sistem ruang,regulasi, dan sumber daya pelaksananya.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: