Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Branding : Meningkatkan Perekonomian dan Preservasi kearifan Lokal dengan Pelabelan Wilayah

Oleh Niky Silvia Ruhma Dewi (09/285741/TK/35889)

Bumi saat ini mengalami perkembangan, baik dalam segi fisik, sosial, budaya, dan teknologi. Populasi manusia setiap abadnya mengalami peningkatan 2 – 4 milyar (Bureau, 1998). Daratan di bumi sebagian besar telah dihuni oleh manusia. Dengan populasi manusia yang begitu besar, secara individu manusia tentu harus memiliki identitas tertentu yang membedakan antara yang satu dengan yang lain. Memberikan nama adalah salah satu teknik pelabelan (brand) yang membuat diri seseorang berbeda dengan yang lain. Tidak hanya itu, terkadang manusia akan melakukan suatu pekerjaan tertentu atau menciptakan suatu karya tertentu agar memiliki nilai perbedaan dengan orang lainnya, sehingga branding terhadap dirinya memiliki nilai yang kuat.

Pelabelan seseorang juga dipengaruhi oleh keadaan sosial, budaya atau terkadang dari fisik manusia sendiri akan menciptakan suatu pelabelan tertentu. Misalnya dia seorang mahasiswa Batak dengan penampilan yang sangat tidak rapi dan terkesan cuek ternyata nilai Indeks Komulatifnya sempurna, maka teman-temannya memberikan ia julukan “Si Einsten”. “Si Einsten” merupakan suatu brand bagi mahasiswa tersebut yang memberikan identitas dan ciri khas tertentu baginya, sehingga ia terkesan nyentrik dan unik di bandingkan dengan teman-teman lainnya yang beberapa diantaranya juga memiliki prestasi yang sama dengannya.

Begitu pun dengan wilayah, branding atau pemberian identitas terhadap suatu wilayah seharusnya tetap ada untuk menciptakan suatu pembeda agar dapat bersaing dengan wilayah yang lain. Di era globalisasi ini secara fisik suatu wilayah memiliki struktur atau bentukannya yang hampir sama. Bahkan nilai sosial dan budaya hampir kabur akibat gerusan globalisasi yang berjalan begitu cepat. Semua wilayah seakan memiliki nilai yang sama, tanpa ada pembeda. Semua wilayah dibentuk dan dikembangkan oleh manusia yang tinggal didalamnya dengan paham dan konsep yang modern (modernisasi), sehingga ruang (space) dan tempat (place) dalam wilayah tersebut telah kehilangan identitas aslinya karena mengikuti perkembangan global. Padahal dalam jurnal Regional Identity in Rural development dikatakan bahwa regional branding (pelabelan wilayah) merupakan salah satu alat untuk mengemas produksi dan jasa yang dibuat didalamnya, serta meningkatan perekonomian wilayah itu sendiri.

Branding atau pelabelan merupakan hasil dari karakter dasar suatu wilayah, baik karakter yang sifatnya fisik yang berbentuk struktur ataupun karakter yang sifatnya sosial-budaya. Branding “Kota Jogja, kota budaya” merupakan suatu bentuk cerminan dari karakter wilayah kota Jogja pada umumnya, yaitu kota yang menjunjung tinggi nilai budaya dan kental akan aktivitas kearifan lokal. Hongkong dengan seribu menaranya, Demak dengan kota walinya, Negara Indonesia dengan surga dunia, semua pelabelan identitas ini merupakan suatu cerminan dari karakter wilayah itu sendiri. Oleh karena itu, selain sebagai alat untuk meningkatkan ekonomi, branding juga dapat digunakan sebagai alat untuk menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal dalam suatu wilayah. Sebab, jika suatu wilayah telah melekat dengan brand tersebut, maka ia akan berusaha agar brand itu tetap menjadi identitas bagi wilayahnya yaitu dengan cara mempertahankan dan melestarikan cerminan karakter yang melekat pada brand tersebut.

Melihat dari uraian diatas menunjukkan bahwa branding terhadap suatu wilayah juga penting, dapat dijadikan alat peningkatan ekonomi ataupun sebagai alat konservasi nilai sosial-budaya yang ada di dalamnya, sehingga memiliki nilai perbedaan dengan wilayah lainnya.

Rujukan referensi: Regional Identity In Rural Development: Three Case Studies Of Regional Branding- Ir. Lies Messely, Dr. Ir. Jost Dessein, dan Dr. Ir. Ludwig Lauwers. Dalam Applied Studies in Agribussiness and Commerce.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: