Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Kuliah Metode Penelitian

Pagi ini pukul 07.00-09.00 WIB, tapi masih sama seperti kemarin mahasiswanya minim yang datang. masih ada yang kerja praktek, masih ada yang males berangkat kuliah dan ada juga yang lupa kaloo jadwalnya jam 7 *sebenernya aku juga telat denkk😀 .  padahal bahasan kuliah pagi ini seru dan bermanfaat dalam menunjang keberlanjutan status kedepan ” Sarjana Teknik”😀.  pagi ini kita membahas pangkal berpikir  dalam melakukan penelitian *sang oratornya adalah pak Sudaryono. pangkal berpikir ini ada 2 starter yang digunakan dalam penelitian mahasiswa perencanaan wilayah dan kota UGM *gak hanya UGM aja sih sebenarnya, yaitu pertama Riset. riset disini terbagi lagi Deskriptif (“induktif” – eksplorasi) dan analitik (“deduksi” – Komparasi ‘teori-empiris;empiris-empiris;teori-teori’. kedua Preskriptif, yaitu berupa perencanaan yang menghasilakan problem solving, rekayasa, futuristik.

jadi intinya riset itu outputnya berupa skripsi (Latar belakang, tinjauan pustaka, metode, deskripsi lokasi, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi). kalo yang preskriptif outputnya project perencanaan (latar belakang, underlying theories, metode, deskripsi lokasi, hasil rancangan). alur pengerjaan skripsi ataupun project perencanaan sama saja, proposal-survey lapangan-analisis-hasil (research problem untuk skripsi dan planning problem untuk project perencanaan).

oh ya. tak ada ujian akhir tertulis, yang ada hanya penyusunan proposal dengan topik dan tema tertentu yang kita suka dan tertarik untuk membahasanya. komponen penilaiannya novelty (pembaruan ide), originalitas, konsistensi antara latar belakang, tujuan, pustaka, dan metode, serta teknis penulisan. diingatkan kembali oleh segenap dosen bahwa yang paling ditekankan dalam menulis suatu penelitian baik berupa research atupun project perencanaann adalah novelty dan originalitas, say no to plagiarism !.

satu lagi pesan yang penting. anggap proposal yang disusun dalam kuliah metode penelitian ini sebagai pra-Tugas Akhir kita. proposal nya dikerjakan dengan benar dan sepenuh hati. kalo bisa jangan ganti-ganti topik dan tema. topik dan tema yang dikerjakan dalam proposal ini harapannya dilanjutkan dalam kuliah seminar dan dijadikan tugas akhir dalam memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar “sarjana teknik” hehehehe… Bu Ratna bilang salah satu faktor penghambat kita lulus tepat waktu adalah kurang serius mengerjakan proposal di metode penelitian ini, kemudian gonta-ganti topik pada saat seminar, ini yang membuat semuanya jadi ribet dan bikin repot. pesan terakhir beliau serious and no plagiarism !

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: