Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Hari Pertama Kuliah di Semester Enam

Nah… hari pertama kita kuliah di semester 6 adalah mata kuliah yang sangat spesial yaitu mata kuliah yang paling angker “Studio Perencanaan Wilayah” jam 08.00-12.50. hari pertama dan kuliah pertama ini sangat sepi, tak banyak yang datang. tak boleh titip absen. saat kita tanda tangan buat absen, di belakang tanda tangan kita di kasih parafnya mas Ruli (sang laboran studio). tanda tangan datang dan pulang sesuai jam nya. sungguh semester awal yang berbeda.

Saat pengantar studio yang ngisi Pak Gunung dengan pak Eko, isinya penjelasan tentang apa-apa saja yang akan dilakukan dalam studio perencanaan. dari pak Gunung mengingatkan untuk lebih mencermati potensi dan masalah wilayah amatan dengan lebih mendalam. melengkapi data-data, terutama data-data yang sifatnya dinamis. jadi dari pak gunung mengharapkan kita bisa survey lagi ke wilayah amatan. selain tentang data dan pencermatan potensi masalah, pak Gunung juga mengingatkan bahwa dalam menganalisa wilayah dan merumuskan rencana dipilih isu-isu yang krusial, tanpa harus mengabaikan permasalahan-permasalahn kecil. masih ada lagi. beliau mengingatkan bahwa perlu juga mencermati perkembangan kecamatan-kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten yang kita amati, tujuannya untuk dapat merekayasa alternatif-alternatif rencana pengembagan wilayah.

Untuk pesan-pesan pak Eko dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan 3 hal yang perlu di perhatikan dalam perencanaan wilayah. yang pertama Pengembangan ekonomi Wilayah, yaitu bagaimana cara untuk mendorong pengembangan ekonomi, apakah sarana dan prasarana yang ada cukup untuk mendukung perkembnagan? apa saja yang menjadi hambatan dalam pengembangan ekonomi?. kedua Permasalahan lingkungan (ekologi), yaitu dalam membuat suatu keputusan alternatif rencana jangan sampai mengorbankan keberlanjutan lingkungan hidup, jangan sampai untuk mendorong perkembangan ekonomi mengorbankan keseimbangan ekologi. dan yang ketiga sosial-ekonomi, yaitu bagaimana keterjangkauan akses sarana prsarana yang dibituhkan masyarakat, bagaimana pengembangan masyarakat guna mendukung perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan rakyat secara umum.

dari catatan ku hanya itu saja yang berhasil aku tangkap meaning nya😀

ada juga info lain yang menghebohkan tentang studio perencanaan wilayah ini. pada presentasi tengah semester nanti (di timeline jadwal kuliah tanggal 16-18 april 2012) kita bakalan presentasi di hadapan pemerintah daerah wilayah amatan masing-masing. untuk saya sendiri dan teman-teman kelompok saya tentunya pergi ke Demak lah😀. info ini sebenernya masih wacana aja. tapi dari saya pribadi, kalo bisa presentasi semi-formal ini dapat bener2 terrealisasi. mengingat banyak juga manfaat yang akan di dapat. manfaat yang di dapat individu mahasiswa ataupun yang di dapat oleh pemerintah setempat. dengan adanya forum seperti ini, latihan studio kita ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi langsung terhadapa proses pengambangan dan perencanaan wilayah yang berlangsung saat ini. pemerintah daerah wilayah amatan mendapatkan *mungkin* masukan-masukan dari kita. dan kita mendapatkan masukan juga untuk laporan studio serta pengalaman yang tentunya sangat berharga. bentuk presentasi ini juga dapat dijadikan sebagai ajang pembuktian bahwa kita (mahasiswa) juga bisa berkarya. ada hasil dan bukti otentik dari data-data yang kita minta dari instansi instansi mereka. sebab, keluhan dari instansi-instansi pemerintah itu “minta datanya ngotot dan merepotkan, tapi hasilnya gak disettorin”. jadi dengan cara di presentasikan langsung, itu merupakan bentuk efektif dari pertanggung jawaban kita terhadap pemerintah wilayah amatan masing-masing. (apakah semua sependapat dengan ku?)

abis dapat pengantar studio, kita cuma kumpul bareng sama temen2 yang udah sempet datang di hari pertama masuk kuliah. ngobrol tentang kegiatan selama “liburan semester ganjil” dan obrolan-obrolan lainnya. hal ini dilakukan karena kita semua harus nunggu absen pulang studio. pulang studio harus tanda tangan kembali yang kemudian di paraf laboran. selama 1,5 jam kita ngobrol ngalur ngidul, dan absen pulang di buka pada jam 11.00 WB.

heyyy.. sudah jam 11 nih, mari kita absen pulang dulu, abis itu langsung pulang. karena kuliah hari pertama lainnya yaitu Rancang Kota dinyatakan kosong dan di ganti hari selasa😀. ok ok ok sekian sekian sekian !

Single Post Navigation

2 thoughts on “Hari Pertama Kuliah di Semester Enam

  1. YuvitaIndriani on said:

    deweeeeeee…. pantesan km duduk ditengah yaaa,ternyata buat foto suasana kelas.
    wkwk!
    good job😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: