Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

bagaimana cara membentuk kebiasaan..???

kebiasaan adalah suatu kegiatan yang rutin dilakukan. kebiasaan merupakan suatu kegiatan yang telah menjadi kebutuhan hidup. membiasakan diri untuk melakukan semua hal itu sulit, baik itu perbuatan buruk ataupu perbuatan baik. itu hanya pendapat sebagian orang. tapi ada sebagian orang lain yang menganggap untuk membiasakan diri dengan hal-hal yang positif *tentunya. itu tidak sulit. ok kita mulai saja. kebiasaan yang dimaksud disini adalah bagaimana cara membentuk kebiasaan yang baik-baik saja yan🙂 karena kebiasaan buruk ternyata lebih mudah terbentuk dibandingkan membentuk kebiasaan yang baik.

apa saja yang dikriteriakan perbuatan baik? banyak tentunya. hal-hal yang memiliki nilai positif itu bisa dikriteriakan perbuatan baik. hanya dengan membiasakan membuang sampah pada tempat sampah, itu pun juga termasuk kedalam perbuatan baik. membuang sampah pada tempat sampah itu adalah perbuatan baik yang sangat simpel, tapi mengapa sulit sekali untuk membiasakannya? banyak faktor yang membuatnya sulit dilakukan. bisa jadi karena ketersediaan tempat sampahnya yang kurang, sehingga membuat orang malas untuk membuang sampah pada tempat sampah, karena mereka harus mencari terlebih dahulu tempat sampahnya. apalagi kalo sampah yang hendak dibuang hanyalah bungkus peemen yang kecil saja. tentunya orang berfikir “ahh.. buang sini aja, kotak sampahnya tak ada. lagian cuman bungkus permen doang, gak bakal bikin masalah besar lah”. tapi jika sering melakukan hal ini maka akan menjadi kebiasaan. kebiasaan membuang sampah sembarangan, karena setiap hendak buang asmpah yang dipikirkan adalah ” ahh kan cuma sampah ini doank, gak bakalan buat masalah lah..”. ok, bayangkan saja jika semua berfikiran yang sama dengan pemikiran seperti itu, bukan mustahil akibat membuang sampah sembarangan akan membawa masalah yang besar.

kebiasaan simpel apalagi ya, yang sering dianggap remeh? oh ya.. mungkin kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur. sepertinya hal ini sering juga terlupakan. mungkin saat selesai makan malam yang dilanjutkan dengan obrolan santai dengan keluarga atau teman-teman dan saat capek langsung pergi ke tempat tidur, kita lupa untuk gosok gigi terlebih dahulu, cuci kaki dan cuci tangapun lupa. padahal ini semua adalah rutinitas ringan yang angat dianjurkan oleh para dokter.

bagaimana caranya agar hal-hal kecil seperti ini menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan setiap hari? caranya gampang.  yang pertama kamu harus berfikir bahwa dengan tidak melakukan hal-hal baik yang seharusnya kamu lakukan ini akan memberikan kerugian bagi diri sendiri, pribadi kamu sendiri. jika sudah tertanam dengan baik, maka yang kedua kamu harus memaksakan diri kamu untuk melakukan hal yang telah menjadi komitmenmu untuk dijadikan suatu rutinitas sehari-hari. untuk mengingatnya, kamu bisa tempelkan tulisan-tulisan tentang hal-hal yang ingin dilakukan itu ditempat-tempat yang strategis, yang bisa dilihat setiap waktu, misalnya walpaper handphonemu, atau di pintu kamarmu, atau pada bagian tembok kamarmu tepat lurus dengan pintu masuk, atau bisa ditempel di cermin. lanjut yang ketiga, lakukan hal-hal tersebut setiap hari minimal sampai 30 hari*teori saya sendiri, karena teori sebenarnya 20 hari, meskipun terpaksa. pokoknya lakukan saja terus, meskipun harus melewati badai rasa MALAS. lawan saja, jangan sampai kalah. kalau sudah sampai 20-30 hari ini akan emmbentuk suatu kebiasaan.

ok selamat mencoba !..🙂

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: