Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Akulah Peta

Peta. kertas putih yang diatas permukaannnya ada gambar permukaan bumi. memang seperti itu, peta itu adalah alat bantu yang dapat menunjukkan dimana letak kota A, kota B, atau negara C semuanya dapat dilihat melalui peta. dengan adanya peta, manusia dapat melihat seluruh permukaan bumi tanpa harus mendatanginya secara langsung. misalnya saat ini kita tinggal di pulau jawa-Indonesia, dan kita ingin mengetahui letak negara di belahan bumi bagian barat, misalnya negara Inggis nih. dengan melihat peta dunia, kita bisa tahu letak negara Inggris tersebut. contoh lain lagi yang sangat penting dengan keberadaan sang peta. saat kita berwisata keluar kota, apalagi kalau wisata ke tempat itu untuk yang pertama kali, maka peta sangat membantu. peta akan membantu menunjukkan jalan dan arah menuju tempat wisata yang dituju, misal dari Semarang, mau jalan-jalan ke gunung Dempo yang letaknya di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. maka dengan hanya membawa sebuah peta sumatera selatan, maka kita akan dengan mudah menemukan kota Pagar ALam.

hal di atas adalah kegunaan peta yang sangat sederhana. nah kali ini kita akan membahas kegunaan peta yang lainnya. apakah temen-temen tau, klo peta juga digunakan dalam proses perencanaan suatu wilayah ataupun kota..??? jawabannya tentu tau lah. tau mungkin ada juga yang belum tau. Ok, mari kita bahas..

dalam proses perencanaan wilayah ataupun kota, perencana (planner) membutuhkan identifikasi kondisi lapangan suatu wilayah ataupun kota. untuk mendapatkan informasi tersebut ada dua cara, yang pertama kita survey ke lapangan langsung (jalan-jalan muterin area wilayah/kota yang akan direncanakan), dan yang kedua dapat melihat dari PETA wilayah/kota yang akan direncanakan, atau ada cara tambahan lagi yaitu, kombinasi antara keduanya- survey dan melihat peta atau dengan kata lain melihat peta sekalian survey😀

setelah mendapatkan informasi mengenai keadaan fisik saat ini yang ada di wilayah/kota perencanaan, sang planner akan mulai beraksi dengan PETA nya kembali, yaitu membuat peta potensi dan masalah. peta potensi dan masalah ini berisi informasi potensi-potensi yang “mungkin” dapat dikembangkan atau mendukung perencanaan, sedangkan peta masalah berisi/menggambarkan  informasi tentang permasalahan yang ada di wilayah/kota perencanaan.

saatnya memmbuat rencana. saat membuat rencana pun, tetap perlu dipetakan secara tematik. peta tematik itu, peta yang memberikan informasi-informasi khusus sesuai dengan temanya. ya saat hendak merencanakan tata guna lahan, perencana dapat membuat banyak peta tematik, misalnya peta guna lahan peruntukan pertanian padi, peta guna lahan peruntukan permukiman, atau peta kawasan lindung. jadi dengan ada abnayk peta, semua orang dapat mengakses informasi suatu wilayah/kota dengan lebih cepat serta lebih mudah dalam memahaminya.

bagaimana? penting bukan keberadaan peta itu? Peta juga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan negara (widihh …) beneran. para tentara/militer itu juga harus pandai menggunakan peta lho, kegunaannya tentu untuk strategi peperangan. hmmm… peta memang penting ya🙂

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: