Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Fungsi Gentrifikasi

berikut adalah beberapa fungsi dari gentrifikasi, dilihat dari kacamata ilmu perencanaan wilayah dan Kota

1. Meningkatkan kemampuan suatu kawasan

Meningkatkan kemampuan suatu kawasan dari bentuk fisik dan kegiatan dengan cara meningkatkan kualitas tempat dengan merubah strukturnya. Upaya ini sebenarnya banyak persamaannya dengan upaya perbaikan lingkungan/kampung, dimana peningkatan kualitas lingkungan dilakukan tanpa melakukan perombakan yang berarti dari struktur lingkunan yang ada, akan tetapi dengan lebih memanfaatkan bangunanbangunan (housing stock) yang ada serta mengadakan berbagai sarana infrastruktur dasar yang diperlukan.

2. Menciptakan lingkungan perkotaan yang dapat menguntungkan pembangunan kembali

Produk rancangan kota merupakan rangkaian kebijaksanaan pembangunan fisik yang menyangkut serta mengutamakan kepentingan umum. Kebijaksanaan pembangunan ini diturunkan dan dirumuskan dari sasaran pembangunan yang ingin dicapai, terutama yang menyangkut kualitas lingkungan hidup. Urban design oleh karenanya lebih berkepentingan dengan fenomena yang berlangsung di dalam ruang kota dan tidak hanya melihat ruang kota itu sebagai objek yang harus digarap. Bukan saja aspek keindahan arsitektur kota yang diutamakan, melainkan bagaimana seharusnya ruang kota itu berfungsi.

3. Sebagai proses rehabilitasi

Sebagai proses rehabilitasi untuk menjadikan suatu kawasan bernilai tinggi melalui pembangunan dan investasi. Upaya rehabilitasi ini dapat dilakukan dengan mengembalikan kondisi suatu bangunan atau unsur-unsur kawasan kota yang telah mengalami kerusakan, kemunduran atau degradasi, kepada kondisi aslinya sehingga dapat berfungsi kembali sebagaimana mestinya.Selain itu, untuk melalukan rehabilitasi dapat dilakukan melalui pembangunan dan investasi karena gentrifikasi ini memerlukan biaya yang cukup beasr untuk dilakukan. Oleh sebab itu diperlukan investor untuk menyokong biaya pembangunan suatu kawasan maupun gedung.

Contoh dari gentrifikasi adalah

Proyek-proyek perbaikan kampung dan perbaikan lingkungan, dimana konsentrasi peningkatan kualitas lingkungan diarahkan kepada rehabilitasi dari berbagai sarana infrastruktur yang masih bisa dimanfaatkan serta pengadaan sarana infrastruktur dasar baru yang diperlukan dengan sesedikit mungkin merubah struktur lingkungan yang ada.

Single Post Navigation

One thought on “Fungsi Gentrifikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: