Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Teknik Perencanaan wilayah dan kota

perencanaan wilayah dan kota adalah salah satu program studi yang terdapat dalam jurusan arsitektur dan perencanaan, fakultas teknik, universitas Gadjah Mada. di program studi ini teman-teman bisa merasakan susahnya menjadi pemerintah😀. kenapa bisa begitu..??? karena dalam program studi ini, teman-teman tidak hanya mendapatkan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan tata ruang kota secara fisik saja. namun, dlam program studi ini, kita akan diajarkan bagaimana mengambil suatu kebijakan publik publik yang pro-masyarakat dan pro-lingkungan. sudah terbayang belum betapa pusingnya..:D. tapi menyenangkan kok…hahahahaha

perencanaan wilayah dan kota, seperti yang telah dituliskan sebelumnya, bahwa program studi ini masuk dalam rumpun fakultas teknik. namun, hal-hal yang dipelajari dalam program studi ini sebagian besar adalah yang kuliah-kuliah nya berbau sosial, tidak seperti  teknik-teknik lain pada umumnya yang setiap hari berkutat dengan matematika, fisika, kimia, atau ilmu-ilmu eksak lainnya. di teknik PWK ini, temend-temen akan menjumpai kuliah, pengantar ekonomi, ekonomi kota, ekonomi wilayah, teori sosial untuk rekayasa *yang dipelajari macam belajar sosiologi gtu deh…*, kependudukan, trusz ada juga kuliah yang namanya Metode dan teknik perencanaan, teori keruangan, teori perencanaan, asas wilayah dan kota, ada juga tentang pariwisata, geologi dan kebencanaan, manajemen pembangunan, dan masih banyak kuliah-kuliah lainnya. kuliah matematika hanya ada 2 SKS dari 144 SKS yang wajib di ambil. dan jangan dikira gak ada kewarganegaraan, pancasila, atau agama islam, 3 mata kuliah itu tetap ada dan posisinya wajib dalam seluruh program studi yang ada di fakultas Teknik UGM. teknik sih tapi berasa gak teknik ya…:)

tapi jangan salah,, seni tekniknya akan berasa klo dah mulai kuliah yang namanya STUDIO. mata kuliah yang bikin temend-temen merasakan stress, pusing, puyeng, happy, senang, bahagia, seru bercampur aduk jadi satu. saat pertama kali dengar kata studio, pasti yang terfikirkan adalah studio musik, studio rekaman, atau studio-studio lainnya. tapi ini beda, STUDIO nya perencanaan wilayah dan kota adalah mata kuliah dari pengaplikasian semua kuliah-kuliah yang sebelumnya telah disebutkan. jadi istilahnya studio itu praktikumnya teknik perencnaan wilayah dan kota gtu deh.. o ya.. teknik perencanaan wilayah dan kota itu disebut-sebut sebagai dokter kota. konon katanya kota itu juga dianalogikan sama seperti manusia. jalan-jalan perkotaan dianalogikan sebagai sistem peredaran darah manusia, dan masih banyak analogi-analogi lainnya.

lanjut ke studio, di studio temen-temen akan merasakan susah senangnya kuliah. di studio teman-teman akan berkelompok. dalam kehidupan mahasiswa perencanaan wilayah dan kota, tidak ada yang  bekerja secara individu, semua tugas sebagian besar adalah berkelompok. kecuali saat ujian, semuanya dikerjakan secara individu pastinya. balik lagi. biasanya jam studio diisi dengan bimbingan-bimbingan dengan dosen, merencanakan suatu kawasan, plus survei-survei lapangan. bagian inilah yang paling dewi suka. survei. kegiatan kuliah di lapangan, bisa sambil jalan-jalan tapi tetep, kerjain tugas.

menyenangkan bukan..???

so tunggu apa lagi pilih program studi teknik perencnaan wilayah dan kota, ,,🙂

Single Post Navigation

5 thoughts on “Teknik Perencanaan wilayah dan kota

  1. dewwiiiii.
    like this banget dah.
    tampilan blognya luchu..
    Mantap JAYA ^^

  2. salam kenql mbak dewi..
    saya PWK’11 dari ITN Malang..
    blognya bagusss mbakk..
    sangat bermanfaat bagi saya..

  3. mbak mau nanya nih, kalo mau masuk PWK UGM, dasar dari kita yg harus dikuasai apa ya mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: