Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Menuju Jalan yang Lurus part IV

Sesungguhnya dakwah Islamiyah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW adalah merupakan mata rantai terakhir dari rangkaian dakwah dan seruan ke jalan Islam, serta memandu manusia untuk mengenal Allah, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Karena Allah adalah dzat yang berkuasa atas segala-galanya dan atas izin-Nyalah segala sesuatu akan terjadi. Oleh karena itu manusia tidak boleh melanggar peraturan yang telah dibuat oleh Allah untuk kita.

Akan tetapi Jahiliyah yang ada karena pengabdian manusia atas sesama manusia, berdasarkan penyelewengan hukum alam, dan berdirinya diantara hukum buatan manusia dengan hukum Allah, tidak menjelma sebagai “teori” akan tetapi ia menjelma dalam bentuk organisasi yang tunduk kepada konsep, nilai, paham, yang terikat kuat, rapi, setia, dan padu.oleh karenanya untuk menghadapinya tidak hanya dibutuhkan “teori”, namun direalisasikan dalam bentuk ibadah. Fakta yang terjadi saat ini, banyak orang yang menganut agama Islam, namun jika dilihat dari tingkah laku mereka, mereka mengikuti kaum Jahiliyah karena semua konsep dan ajarannya dikaburkan secara halus.

Melihat keadaan seperti ini perlu ditangani dengan menggunakan konsep dan dasar Islam, yang bisa berwujud organisasi pula dengan seorang pemimpin yang cerdas dan tentunya mengerti dengan konsep dan dasar ajaran Islam (ex: Rasulallah). Cara yang dilakukan selanjutnya adalah mencari cara agar organisasi-organisasi Jahiliyah bisa patuh dan tunduk, serta mengikuti cara main konsep islam, misalnya dengan masuk kedalam organisasi yang berada dibawa oleh mereka (kelompok penelitian, kelompok ahli tenun, kelompok pecinta alam, dan lain-lain), maupun dalam pimpinan politik dan ekonomi , atau bahi kan sepetcontoh yang ada pada kaum Quraisy, dimana mereka patuh dan setia kepada masyarakat Islam dan pimpinan Islamiyahnya.

Semua ini mesti mulai dilaksanakan saat pertama kali bagi seorang Muslim itu menganut Islam atau saat dia pertama kali mengucapkan dua kalimat syahadat yang dilakukan dengan rapi, tarorganisisr, proteksi, dan mencegah pertumbuhan kegiatan yang membawa kepada kegiatan kejahiliyahan. Demikianlah Islam itu tumbuh demikian ia hidup subur dan menjelma di dalam bentuk teori yang lengkap, yang menjadi dasar bagi sebuah organisasi yang aktif, terpisah jauh dari pengaruh jahiliyah dan sanggup bersama dengan masyarakat yang jahiliyah. Islam tidak hanya berwujud teori kosong yang tidak berdasarkan dalam kenyataan dan realiti.

Begitulah caranya Islam bisa menonjolkan diri dan Islam tidak akan pernah muncul pada zaman dan tempat dimanapun yang tidak ada tabiat dan ciri pertumbuhan seperti demikian (organisasi aktif).

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: