Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Menuju Jalan yang Lurus part II

Dakwah Islamiyah telah pun melahirkan satu generasi manusia, generasi sahabat Rasulullah SAW, yaitu suatu generasi yang paling istimewa di dalam sejarah Islam dan di dalam sejarah kemanusiaan seluruhnya. Generasi itu tidak pernah muncul dan timbul lagi sesudah itu, walaupun terdapat beberapa pribadi dan tokoh tertentu di sepanjang sejarah, tetapi tidaklah lahir lagi golongan manusia yang sama seperti yang telah muncul sama seperti pada jaman Rasulallah. Mereka adalah golongan yang hanya berpegang pada Al Qur’an dalam setiap gerak-gerik yang dilakukannya. Oleh kerana itulah generasi itu telah berhasil membentuk sejarah gemilang di zamannya dan Ini adalah suatu fakta dan kenyataan dimana kita harus merenungkannya.

Al Qur’an dan hadist Rasulallah merupakan sumber rujukan dakwah yang masih terjaga keasliannya sampai saat ini, meskipun keberadaan Al Qur’an dan Hadist ini sudah sangat lama di bumi ini. Tetapi hal ini memang dijanjikan Allah dalam Al Qur’an bahwa Allah akan menjaga keaslian dari Al Qur’an, meskipun saat ini banyak ilmu pengetahuan yang sudah mulai dicampur baurkan dengan Al Qur’an.

Sumber panduan lain seperti ilmu Fiqh, ilmu Kalam, Tafsir Al Qur’an, adalah Sumber yang telah dimasuki oleh falsafah Yunani (Greek), cara berfikir dan lojikanya, dongeng-dongeng Parsi dan pandangan hidupnya, cerita-cerita Israeliat Yahudi, falsafah Ketuhanan ala-Kristian yang telah bercampur baur di dalam tafsir Al-Quran dan ilmu Al-Kalam, dan juga telah dimasuki oleh saki baki peninggalan tamaddun zaman lampau yang sukar dikikis.

Memang tak dapat diragukan lagi bahawa bercampur-baurnya sumber panduan itulah yang menjadi faktor utama mengapa generasi berikutnya berlainan sama sekali dari bentuk generasi pertama yang unggul itu. Oleh kerana itulah maka nilai Islam tidak tulus dan tidak hidup subur lagi didalam jiwa kita, teori Islam itu tidak begitu terang lagi di dalam pemikiran kita, dan di kalangan kita sekarang tidak muncul lagi suatu generasi manusia raksaksa dari model yang dilahirkan oleh Islam di zaman pertama dahulu.

Oleh karenanya di dalam program gerakan ke-Islaman, kita mesti membebaskan diri dari pengaruh jahiliyah yang mempengaruhi kita saat ini. Kita mesti merujuk kepada sumber yang murni yang telah dicedok dan dipelajari oleh orang-orang sebelum kita yaitu sumber yang terjamin tidak bercampur baur dengan sumber yang lain, dengan cara mengubah realiti masyarakat, mencabut realiti jahiliyah itu dari akar umbinya, realiti yang bertentangan dan berlanggar secara prinsipal dengan aspirasi Islam dan dengan konsep Islam, reality yang menghalang kita dengan menggunakan kekerasan dan tekanan dari kita hidup seperti yang dikehendaki oleh program Ilahi. Kita mesti mengembalikan keaslian Al Qur’an untuk mendapatkan teori mengenai hakikat wujud seluruhnya dan juga hakikat wujud umat manusia ini dan segala pertalian di antara kedua jenis wujud ini dengan wujud yang hakiki yaitu wujud Allah SWT. Dari situlah kita mengambil pandangan terhadap hidup, kita mengambil nilai diri dan akhlak kita, serta kita mengambil panduan dan program pemerintahan, politik, ekonomi dan segala aspek kehidupan kita.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: