Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Jalan-jalan ke Rawa Pening

Rawa pening adalah sebuah rawa yang letaknya berada di kecamatan Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. rawa ini luas banget, cuman Dewi tak tau berapa pasti luasnya. yang jelas kalo mau muterin nih rawa butuh waktu khusus dan nyewa perahu khusus. Rawa pening ini kaya akan ikan dan tanaman eceng gondok. masyarakat sekitar memberdayakan rawa ini secara maksimal. ada yang mungutin eceng gondok buat kerajinan, ada juga yang buat tambak ikan ditengah-tengah rawa, ada juga yang mancing dan jala ikan secara tradisional. mereka kerjanya pke’ perahu, ada yang pake’ dayung ada juga yang udah pke’ perahu motor.

bagi pengunjung bisa juga jalan2 mengitari rawa pening dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga sekitar. cukup merogoh kocek sebesar Rp. 30.000,- saja. dengan duit segitu, kita bakal dibawa sama bapak yang punya perahu, muter-muter d rawa pening selama 30 menit, cuman kadang-kadang dikasih bonus, alias ditambahin jadi 45 atau 50 menitan gitu deh.

oh ya rawa pening ini sebenernya ada kisah asal-usulnya gtu, tapi itu cuma legenda. legenda selengkapnya akan saya cari tahu.*sebenernya udah tau legendanya, cuman males tulisnya aja sekarang :D* untuk masuk kearea wisata rawa pening ini bisa diakses melalui ambarawa, ataupun salatiga. klo dari ambarawa, temend2 bisa cari jalan ke arah Banyubiru dulu.( kalo mau pke’ angkot, cari mini bus yang tujuannya mau ke salatiga) kalo pke’ kendaraan sendiri, temend2 bisa ambil jalan pertigaan yang didepan monumen palagan Ambarawa. trusz ikutin aja jalannya, ntar bakalan sampai ke rawa pening kok.
klo dari salatiga, tidak begitu paham. tapi yang pasti dengan cara yang sama, ambil jalan yang menuju ambarawa, atau banyubiru, ntar ketemu kok. soalnya tu rawa akan dipinggirnya ada jalan raya, yang menghubungkan Banyubiru dengan kota Salatiga.

Rawa pening juga sedap dilihat dari ketinggian. misalnya kita ambil bukit atau gunung yang deket dengan rawa ini. dan rekomendasi dari Dewi, cobali lihat keindahan itu dari atas gunung Telomoyo, letaknya sebelah selatan rawa Pening. klo diliat dari atas gunung ini, rawa pening terlihat seperti keajaiban. karena ada genangan air diantara ramainya kota. kadang mirip laut ditengah kota.😀 . kalo mau ke gunung Telomoyo ini, bisa lewat Banyubiru. sebelum nyampe’ ke Rawa Pening *kalo kalian dari ambarawa*. trusz pas nyampe’ dipertigaan asrama tentara, kalian trusz aja..jalannya kecil. naik terus pokoknya. banyak dusun-dusun kok disana. sampai puncak aja tetep aja dusun. namanya dusun Pagergerdog(kampung paling tinggi di gunung Telomoyo). dari sana view rawa Pening so sweet, dan woowww… selain fiew rawa pening, dari gunung Telomoyo ini kita adpat menikmati view gunung2 lain yang ada disekitarnya. selai itu, di  malam hari juga akan dilihat atraksi kelap-kelip lampu perkotaan ambarawa, salatiga dan ungaran. seru deh pokoknya.
penasaran..???
let’s explor to Rawa Pening..:)

Single Post Navigation

2 thoughts on “Jalan-jalan ke Rawa Pening

  1. hudi_PURC on said:

    wuih… tekan pager gedog segala…keren

  2. mantap mbak thanksss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: