Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

Tidak disiplin??siapa yang rugi???

disiplin bisa dibilang gaya hidup, atau pilihan hidup. dengan hidup disiplin, semua kegiatan kita akan teratur dan dapat ter-manage dengan baik. hidup disiplin, ringkasnya adalah hidup teratur. kira-kira senang gak klo bisa hidup teratur…??? hidup tertaur jelas lebih enak lah. semuanya yang udah kita rencanakan, kemungkinan besar bisa terlaksana. asal semuanya dilakukan tepat pada waktunya. contohnya gini, kita udah punya scedule selama seminggu dengan masing-masing waktu yang telah ditentukan. nah… kalo salah satu aja yang gak tepat, scedule lainnya yang ngikutin pasti bakalan kacau. contoh real deh… dewi dalam seminggu ini punya jadwal banyak. hari senin display studio, hari selasa ngerjain teori sosial untuk rekayasa, rabu ngerjain teori perencanaan, dan metode teknik perencanaan. ketika display studio diundur menjadi hari kamis, yang diakibatkan dari ketidak disiplinnan waktu pelaksanaan presentasi studio, pasti semua scedule dibelakang kacau. bener gak..???
gimana gak kacau. kalo display di undur, tentu masih ngotak-atik studio lagi kan……??gak mungkin kalo gak dibuka lagi. sedangkan scedule sesudah display harusnya ngerjain tugas yang lain, waktunya sebagian disita karena buat buka persiapan display lagi.
semua ini berawal dari ketidakdisiplinan. bener gak..??? karena di contoh yang dewi buat, “display gagal, karena ketidaksiplinan waktu pelaksanaan presentasinya”.
Melihat dampak yang ditimbulkan dari ketidakdisiplinan, dirasakan rugi gak..??? kalo dewi sih ngerasa sedikit rugi. bisa rugi waktu, bisa juga rugi tenaga.
Sadar gak kadang-kadang ketidakdisiplinan yang kita lakukan bisa merugikan orang lain..??? kerugian yang kita rasakan pasti akibat ketidakdisiplinan yang kita buat sendiri. cuman ketidakdisiplinan yang kita buat kadang buat orang lain juga yang kena imbasnya. misalnya nih,, kita janjian mau buat tugas kelompok bareng dan udah ditentuin waktunya, ex jam 9, eh kita datangnya jam 10. kerjain tugas barengnya pasti selesainya gak tepat waktu juga, iya kan..??? padahal temend kita yang lain udah ada scedule yang lain setelah ngerjain tugas kelompok ini. nah… kira-kira ketidakdisiplinan kita termasuk dalam kasus merugikan orang lain tak..??? menurut Dewi sih, pasti ngerugiin orang lain, kalo dalam bahasa arab sih mendzalimi orang lain, kasihan donk temand kita.
nah….dari penjabaran contoh-contoh yang Dewi buat dengan bahasa yang ambrul adul ini, kita bisa tau, betapa pentingnya membiasakan hidup disiplin. hidup disiplin itu susah diawali, cuman kalo udah dibiasakan dan udah berjalan akan terasa menyenangkan, serta tidak merugikan orang lain.
jadi, tidak disiplin??? siapa yang rugi???

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: