Dewiultralight08's Blog

Just another WordPress.com site

woro-woro perencanaan wilayah dan kota

Perencanaan adalah suatu kegiatan atau proses yang tersusun secara sistimatis, rational atau logis  untuk tujuan tertentu dalam batas batas tertentu. Perencanaan  kota  adalah  suatu  kegiatan  untuk  merumuskan suatu kebijakan yang dapat digunakan untuk membuat sebuah rencana. Perencanaan kota akan lebih baik, jika terdapat keselarasan dan saling memahami antara kekuatan pemerintah dan non-pemerintah. Perencanaan secara keseluruhan tidak dapat hanya dilakukan oleh satu atau beberapa orang saja, namun dibutuhkan pengorganisasian beberapa hirarki yang saling mendukung satu sama lain guna mencapai kesuksesan dalam suatu perencanaan.

Dari sisi pemerintahan, perencanaan kota harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku bagi daerah perkotaan dan wilayah tertentu, yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat, penggunaan tanah, pembagian persil dan kualitas lingkungan.

Korelasi secara statistic dikembangkan untuk menkonfirmasikan kebijakan dan progrsm pembangunan kota yang disusun. Penggolongan penduduk perkotaan juga merupakan salah satu bentuk statistic tersebut. Para pakar sosiologi memperhatikan penduduk perkotaan atas dasar umur, jenis kelamin, status perkawinan, tingkat pendidikan, latar belakang kesukuan, dan kategorisasi-kategorisasi lain yang disusun berdasarkan berbagai sensus dan survey.

Sebagian besar tindakan dan kegiatan pemerintah kota berkaitan dengan beberapa bangunan fisik dan penggunaan lahan bahkan kebijakan-kebijakan dan peraturan yang tidak dapat dilihat wujudnya secara nyata hampir selalu mempengaruhi perancangan, pembangunan atau pemeliharaan bangunan, sistem, atau objek fisik melalui persyaratan konseptual atau peraturan pengendalian.

Pada intinya perencanaan kota dibuat agar suatu kota ataupun wilayah dapat tumbuh dan berkembang menjadi suatu kota yang nyaman dan mendukung segala aktivitas masyarakat yang tinggal di kota tersebut. Dengan begitu bukan tidak mungkin akan terwujud suatu kesejahteraan sosial.

Oleh karena itu dalam suatu perencanaan kota dibutuhkan juga suatu analisis sosial untuk rekayasa sebagai pendukung pengambilan kebijakan dalam perencanaa kota ataupun wilayah. Terkadang kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak mempertimbangkan nilai sosial yang ada di lapangan. Sehingga sering timbul pengimplementasian rencana yang sia-sia atau terabaikan.



Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: